Program RBSS

Foto1921

Sejarah aktivitas pengembangan intelektual
Rumah Buku Simpul Semarang (RBSS) sebagai ruang persemaian intelektual memiliki beberapa program yang diarahkan untuk melahirkan para intelektual muda penggerak perubahan sosial. Sejak awal Januari 2014 beberapa program diskusi sudah berjalan rutin. Antara lain adalah reading course Ki Hadjar Dewantara, yaitu karyanya yang berjudul “Pendidikan” (2004) terbitan Majelis Luhur Taman Siswa yang dikoordinatori oleh Edi Subkhan, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes. Selain itu juga lingkar diskusi ekonomi yang dipandu oleh Andi Tri Haryono, dosen Universitas Pandanaran (Unpand), seri diskusi kebudayaan dan kekuasaan oleh Muhammad Taufiqurrahman, dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan sekolah Tan Malaka oleh Muhtar Said yang waktu itu menjadi pejabat di KPI Jawa Tengah.

Selain itu secara insidental juga menyelenggarakan bedah buku menghadirkan para penulisnya langsung, antara lain Martin Suryajaya, filsuf muda dari Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, diskusi tentang pemikiran Gus Dur mendatangkan Alisa Wahid (putri Gus Dur), juga Soesilo Toer membincangkan Pramoedya Ananta Toer. Mulai tahun 2014 kelas menulis juga berjalan diasuh oleh Kang Putu (Gunawan Budi Susanto) sebagai lanjutan kelas menulis yang diselenggarakan oleh Satjipto Rahardjo Institute (SRI). Mulai tahun 2015 juga dirintis program Pesantren Peradaban yang diarahkan sebagai praktik pendidikan alternatif satu orang satu kurikulum sesuai dengan minatnya masing-masing. Tentu saja dalam hal ini tetap diarahkan untuk menghasilkan pribadi-pribadi yang punya basis ideologi kuat, namun juga dasar spiritualnya kuat.

Program-program yang ditawarkan RBSS
Beberapa program pengembangan intelektual yang ditawarkan oleh RBSS pada tahun 2016 ini antara lain:

  1. Sekolah Pergerakan. Ditujukan untuk memberi bekal teoretis mengenai teori-teori, diskursus, dan strategi gerakan sosial. Materi yang diberikan antara lain tentang ideologi-ideologi, neoliberalism dan kapitalisme, gerakan perlawanan terhadap kapitalisme global, gerakan pelestarian lingkungan, media masa dalam pusaran kapital dan penguasa, demokrasi di tengah tarikan kuasa modal, dan strategi menggerakkan perubahan sosial.
  2. Kelas Jurnalistik. Ditujukan untuk mengajak belajar menulis sebagai strategi perjuangan ideologis. Belajar menulis berita, membuat artike populer, menulis esai, dan sejenisnya, juga termasuk pengembangan media massa alternatif.
  3. Kelas pedagogi kritis (critical pedagogy). Ditujukan bagi mereka yang berminat mengenal, mendalami, dan mempraktikkan pedagogi kritis. Materi yang dibahas adalah sejarah pedagogi kritis, dasar teortis dan ideologis, praksis metodologis dan gerakan, para tokoh pedagogi kritis, perkembangan pedagogi kritis di Indonesia.
  4. Kelas penelitian. Ditujukan bagi mereka yang berminat mengenal, mendalami, dan mempraktikkan penelitian dalam bidang sosial, budaya, dan pendidikan. Materi yang diberikan meliputi dasar-dasar penelitian, filsafat ilmu, pembuatan proposal penelitian, pengembangan instrumen penelitian, pengambilan data, analisis data, dan penulisan laporan penelitian hingga menulis artikel ilmiah akademik.

Program-program yang ditawarkan tersebut akan diumumkan di laman/website RBSS agar pada peserta yang berminat ikut serta dapat mendaftar tepat waktu. Selain beberapa program tersebut RBSS juga menyediakan beberapa program insidental sesuai dengan keinginan dari para pengunjung RBSS. Selain itu RBSS juga punya program Pesantren Kebangsaan. Uraiannya sebagai berikut.

Pesantren Kebangsaan
Program ini didesain dan diskenariokan sebagai salah satu bentuk pendidikan dan pembelajaran alternatif di mana satu orang akan memiliki satu kurikulum personal. Program ini tidak terbatas waktu sebagaimana dalam pendidikan formal, tidak juga diorientasikan untuk mendapat legitimasi ijasah dan gelar. Pembelajarannya diupayakan secara demokratis, partisipatoris, emansipatoris, dan transformatif. Pembelajarannya seling-seling antara teori dan praktik langsung, peserta juga diberi tugas individual dan kelompok. Selain itu juga melaksanakan magang atau nyantrik di organisasi atau orang tertentu selama beberapa waktu dalam upaya untuk memperdalam materi yang sedang dipelajari.

Materi yang ditawaarkan untuk dipelajari dalam program Pesantren Kebangsaan RBSS ini antara lain (1) ilmu sosio-humaniora, (2) Islamic studies, dan (3) keterampilan hidup. Ilmu sosio-humaniora meliputi teori-teori sosial, sejarah, studi tokoh bangsa, memabca dan membaca karya pilihan, Islamic Studies meliputi sejarah peradaban Islam, organisasi dan gerakan Islam, studi tokoh Islam, fiqh, tasawuf, dan membaca karya pilihan, dan keterampilan hidup meliputi public speaking, wirausaha, leadership, menulis, dan keorganisasian.

Program ini dibuka sepanjang tahun, bagi yang berminat silakan datang ke RBSS untuk diarahkan dalam pengembangan kurikulum personalnya serta merencanakan program belajarnya. Rumah Buku Simpul Semarang berlokasi di Gg. Nangka, No. 50 Rt. II/Rw. 2, Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229 (dari kampus Unnes ke Sekaran, perempatan penjual martabak dan toko kelontong belok kiri).