Para Pegiat RBSS

Para Pendiri dan Pengelola Rumah Buku Simpul Semarang

Edi Subkhan

Edi Subkhan

Dosen di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Menggeluti dunia jurnalistik, pedagogi kritis (critical pedagogy), literasi kritis, kajian kritis kebijakan pendidikan, sosiologi pendidikan, sosiologi teknologi pendidikan, kajian kurikulum (curriculum studies), dan metodologi penelitian kualitatif. Karyanya antara lain Manipulasi Kebijakan Pendidikan (2012) ditulis bersama Darmaningtyas, Melawan Liberalisme Pendidikan (2014) ditulis bersama Darmaningtyas dan I. Fahmi Panimbang, Pengantar Teknologi Pendidikan Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional (2013). Selain itu tulisan pendeknya juga tersebar di beberapa media massa cetak dan online, antara lain Suara Merdeka dan Wawasan.

taufiq

Muhammad Taufiqurrohman

Dosen bahasa Inggris di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Peminat sastra dan kajian post-kolonial menyelesaikan studi S2 Cultural Studies di Universitas Indonesia (UI). Ketika mahasiswa S1 aktif di organisasi mahasiswa, salah satunya menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

syukron

Syukron Salam 

Dosen muda di Fakultas Hukum (FH) Unnes. Menyelesaikan S1 di Fakultas Hukum Unnes dan Studi Hukum Islam di Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, S2 diselesaikan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip). Selain di RBSS juga aktif di KP2KKN dan Satjipto Rahardjo Institute (SRI), Semarang.

andi

Andi Tri Haryono

Dosen di Universitas Pandanaran (Unpand), pegiat kajian ilmu ekonomi dan manajemen perspektif kritis. Selain itu juga aktif juga di Democracy Watch Organization (Dewa Orga) Jawa Tengah.

kang niam

Kang Niam

Pekerja keras di Efhar, penerbit pemain lama di Semarang. Aktivitas sehari-hari sebagai Ayah yang sayang keluarga adalah pulang-pergi Jepara-Semarang. Koleksi bukunya luar biasa banyak dan dititipkan di Rumah Buku Simpul Semarang (RBSS) untuk layanan sosial.

haris

Abdul Haris Fitriyanto

Dosen muda pada Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes. Peminat psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi Jawa, dan psikologi kritis. Menyelesaikan studi S2 di Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang.

ali f

Ali Formen

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes. Gelar masternya diperoleh dari Monash University, Australia dan sekarang sedang menyelesaikan studi S3 di Auckland University, New Zealand. Peminat kajian kritis pendidikan anak usia dini, terutama menggunakan perspektif teoretik analisis wacana dari Michel Foucault dan lainnya.

yogas

Yogas Ardiansyah

Peminat sastra dan kajian budaya, lulusan S1 Sastra Perancis dari Fakultas Bahasa dan Seni Unnes dan S2 kajian budaya Universitas Diponegoro. Sekarang tinggal di Kudus sebagai suami Muthia Ratna dan ayah yang baik bagi anak-anaknya.

said

Said Muhtar

Pegiat hukum progresif lulusan S2 Hukum Universitas Diponegoro. Peminat pemikiran Tan Malaka dan para tokoh hukum Indonesia. Sekarang selain menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta juga sebagai Direktur Eksekutif Pusat Studi Tokoh Hukum (Pustokum), Jakarta. Karyanya Pemikiran Politik Tan Malaka (2013).

luluk

Awaludin Marwan

Aktivitas dan pegiat hukum progresif, inisiator berdirinya Satjipto Rahardjo Institute (SRI) dan Democracy Watch Organization (Dewa Orga). Menyelesaikan S1 dari Fakultas Hukum Unnes, S2 di Universitas Diponeggoro (Undip) dan Onati, Spanyol. Sekarang menjadi kandidat doktor di Utrecht, Belanda. Banyak artikel dan buku yang sudah diterbitkan, antara lain Islam di Andalusia ditulis bersama Prof. La Ode ketika masih menjabat sebagai Rektor Unissula Semarang, Biografi Intelektual Satjipto Rahardjo, dan Studi Hukum Kritis.

yogi

Yogi Ardasyahputra

Penyokong lahirnya RBSS di awal terbentuknya, menyelesaikan studi S1 di Unnes dan S2 di Universitas Diponegoro (Undip). Sekarang menjadi fasilitator program pemberdayaan masyarakat di beberapa tempat.

awank

Hernawan Bagaskoro Abid

Diplomat muda di Kementerian Luar Negeri. Menyelesaikan studi S1 dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes dan S2 Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip). Malang melintang di dunia gerakan dan banyak menulis opini di media massa nasional dan lokal, antara lain Kompas, Republika, Jawa Pos, dan Suara Merdeka.

Azil

Azil Masykur

Dosen muda di Fakultas Hukum (FH) Unnes. Studi S1 diselesaikan di Fakultas Hukum Unnes dan S2 di Universitas Diponegoro (Undip). Selain menjadi penyokong kegiatan RBSS juga aktif di Gerakan Pemuda (GP) Anshor.

tsabit

Tsabit Azinar Ahmad

Dosen Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Menyelesaikan S1 di Unnes dan S2 di UNS. Peminat kajian pedagogi kritis, fokus pada riset-riset tentang sejarah kontroversial, termasuk tema sejarah 1965 dan sejenisnya. Telah menerbitkan buku bersama Syaiful Amin berjudul Iwan Fals vs Oom Pasikom diterbitkan oleh Ombak. Selain itu juga menjadi pengelola jurnal terakreditasi Paramitha.

tsalis

Tsalis Saeifuddin

Aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU), secara struktural menjadi anggota Gerapan Pemuda (GP) Anshor. Menyelesaikan studi S1 di Fakultas Ekonomi Unnes dan S2 di Universitas Diponegoro (Undip).

 

Para Relawan dan Santri Rumah Buku Simpul Semarang

exsan

Exsan Ali Setyonugroho

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Unnes.

sholekan

M. Sholekan

Mahasiswa Fakultas Hukum, Unnes, magang di Humas Unnes.

muslimin

Muslimin

Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (BK), Unnes.

nicko

Nicko Fernando

Mahasiswa Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Unnes.