Profil RBSS

 

Rumah Buku Simpul Semarang berdiri dengan kesadaran penuh bahwa ruang-ruang intelektual harus dibangun, bahwa iklim intelektualitas mesti disemarakkan, bahwa kerja-kerja sosial-budaya mesti dilakukan. Rumah Buku Simpul Semarang merupakan sebuah proyek bersama yang digawangi oleh beberapa pegiat intelektual dan budaya di Semarang. Selain yang dilatari oleh idealisme ‘kesadaran’ tersebut, Rumah Buku Simpul Semarang juga mendasarkan pada realitas belum bergairahnya iklim intelektual di kampus, sekitar kampus, dan di Kota Semarang itu sendiri. Rumah Buku Simpul Semarang membangun visi untuk mengembangkan iklim intelektual, budaya, dan sosial di Semarang khususnya dengan menyediakan diri sebagai ruang berkumpul dan bertemu dari semua orang dan pihak.

Oleh karena itu, Rumah Buku Simpul Semarang menyediakan fasilitas dan layanan serta program/agenda yang akan dapat menunjang visi tersebut. Pertama, layanan perpustakaan atau taman baca buku-buku dengen segmentasi untuk para intelektual, akademisi, pegiat seni-budaya. Koleksinya selain sumbangan dari para pendiri, pegiat, dan donatur lainnya juga diharapkan berasal dari penerbit dan pihak lain yang turut mendukung program ini. Kedua, toko buku yang melayani resellerbuku-buku, majalah, dan jurnal lain yang dapat memfasilitasi kebutuhan pengembangan intelektual dan kerja-kerja sosial-budaya. Karena tempat Rumah Buku Simpul Semarang ini adalah di pinggir kampus, maka salah satu sasarannya juga adalah memenuhi kebutuhan buku-buku yang dijadikan bahan ajar oleh para dosen dan mahasiswa di kampus. Ketiga, menyelenggarakan seri diskusi, short course, pemutaran film, riset pengembangan keilmuan secara trans-disiplin bidang kajian/keilmuan.

Pada layanan toko buku setidaknya apa yang kami lakukan adalah upaya untuk membangun kekuatan gerakan sosial, intelektual, dan kultural secara mandiri. Tidak bertumpu harap pada fundingatau donasi dari pihak luat yang seringkali akan berbalik melumpuhkan gerak dan idealisme. Perputaran modal yang disokong oleh kami dan jejaring komunitas di Semarang yang bersedia turut ambil bagian dalam proyek Rumah Buku Simpul Semarang ini labanya digunakan untuk penunjang operasional aktivitas dan kebutuhan rutin. Sedangkan aktivitas seri diskusi, short course, pemutaran film, dan riset trans-disiplin keilmuan adalah layanan alternatif atau bahkan ‘mewah’ yang selama ini jarang diperoleh di Semarang khususnya. Terlebih untuk riset-riset berpendekatan trans-disiplin keilmuan di Semarang belum banyak dillakukan, dan ketika Rumah Buku Simpul Semarang menyediakan ruang untuk bertemu banyka pihak lintas-generasi dan lintas-bidang keilmuan, maka aktivitas dan kerja-kerja intelektual lintas-bidang ini sangat dimungkinkan untuk dilakukan secara serius dan intensif.

Demikian deskripsi singkat Rumah Buku Simpul Semarang. Kami sangat berharap banyak pihak untuk dapat membantu visi dan misi kami yang memang utamanya non-profit, baik memberikan donasi berupa sumbangan koleksi buku, jurnal, majalah, dan lainnya. Atau dalam bentuk konsinyasi, reseller, produk-produk penerbitan dan lainnya secara profesional untuk dapat menunjang aktivitas dan program-program Rumah Buku Simpul Semarang.