Mau Baca Buku Tapi Tidak Gampang Ngantuk? Ini Solusinya

www.perpus.com

[Tips]

Membaca, kadangkala menjadi perjuangan yang luar biasa sekali bagi seseorang. Banyak sekali tantangannya. Salah satu tantangannya, yaitu rasa kantuk. Entah kenapa rasa kantuk tiba-tiba muncul ketika kita sedang membaca suatu buku atau malah saat kita hendak membaca. Untuk itu, kita perlu melakukan sesuatu agar hal tersebut tidak terjadi secara terus menerus. Karena sayang sekali bila bacaan yang tadinya menarik minat kita menjadi sirna akibat rasa kantuk kita yang tiba-tiba saja muncul tersebut.

Kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana caranya agar tidak cepat mengantuk ketika kita sedang membaca buku. Yuk, kita simak..

  • Niatkan dengan sungguh-sungguh.

Semua perbuatan memang harus diawali dengan niat, termasuk membaca buku. Niatkan dengan sungguh-sungguh bahwa kita akan menyelesaikan membaca sebuah buku. Bismillah, jangan lupa berdoa agar ilmu yang didapat nanti menjadi berkah.

  • Mengingat tujuan dan manfaat.

Pasti ada alasan tertentu kenapa seseorang membaca buku. Misalnya ingin mahir melakukan sesuatu (ketika membaca buku tutorial) atau merasakan sensasi dengan membaca buku tersebut (ketika membaca buku novel fantasi). Ingat-ingatlah selalu tujuan tersebut. Karena hal tersebut bisa memotivasi kita agar kita menjadi semangat dalam membacanya sampai pada halaman terakhir, alias membaca sampai selesai.

  • Membaca pada waktu yang tepat.

Agar fokus dan tidak mengantuk, memang dibutuhkan waktu-waktu tertentu untuk membaca. Misalnya pada pagi hari, karena pada pagi hari biasanya otak kita masih segar dan lebih siap menerima sesuatu untuk dicerna oleh otak.

  • Istirahat sebentar, kemudian lanjutkan membaca.

Santai saja, tidak usah terburu-buru. Bila sudah mulai ada tanda-tanda mengantuk, istirihatkan badan sebentar. Sampai ketika kita sudah segar dan siap kembali, maka lanjutkan membaca lagi.

  • Perhatikan posisi membaca.

Posisi yang baik ketika membaca adalah duduk dengan posisi badan tegak. Jangan membungkuk. Usahakan posisi yang kita gunakan yaitu dalam keadaan siap. Boleh rileks, namun tetap siaga. Jangan dalam keadaan terlalu santai, karena kemungkinan Anda malah menjadi malasa dan mengantuk. Juga, pastikan jarak antara mata dengan buku yaitu kurang lebih 30 cm.

  • Siapkan “minuman” kesukaan Anda.

Kalau yang ini mungkin diibaratkan sebagai doppingnya. Ketika sedang membaca buku, jangan lupa siapkan minuman kesukaan Anda. Kalau mau minuman yang benar-benar ampuh untuk mengindari kantuk, cobalah minum minuman yang mengandung kaffein, seperti kopi atau teh.

Semoga tips dan trik “Agar tidak cepat mengantuk ketika membaca buku” di atas, bisa bermanfaat. Ingat, bacalah semampu Anda. Karena kalau dipaksakan, bisa saja bacaan-bacaan tersebut menjadi sulit masuk ke otak. Dan terus tingkatkan kemampuan membaca Anda. Selamat membaca!